Senin, 27 Januari 2014

obat herbal untuk batuk



Mengatasi Batuk Berdahak dengan Pengobatan Tradisional

Batuk

 

 Asam Jawa dan Gula Merah

Bahan: 10 gram daging buah asam jawa, gula merah secukupnya, dan air panas sebanyak satu gelas.

Cara pengobatan: Daging buah asam jawa diseduh dengan segelas air panas, kemudian ditambahkan gula merah secukupnya. Minum ramuan tersebut sewaktu masih hangat.

Cabe Jawa dan Madu

Bahan: 6 gram buah cabe jawa kering, madu secukupnya.

Cara pengobatan: Cabe jawa kering ditumbuk hingga halus, kemudian diminum bersama dengan satu sendok makan madu satu kali sehari. Lakukan pengobatan ini secara rutin sampai batuk sembuh.

Ramuan Jeruk Nipis

Bahan: 1 buah jeruk nipis, kapur sirih secukupnya dan gula batu juga secukupnya.

Cara pengobatan: Buah jeruk nipis dibelah menjadi dua bagian. Bagian yang terbelah dibalur dengan kapur sirih, lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, kulit luar dibakar sampai berbuih. Air jeruk diperas, lalu tambahkan gula batu. Setelah tercampur rata, air perasan tersebut lalu diminum.

Buah Kapulaga

Buah kapulaga atau disebut kapol, ternyata juga berkhasiat untuk mengobati batuk. Caranya, ambil 5 butir buah kapulaga dan satu gelas air bersih. Buah kapulaga dicuci bersih, kemudian direbus dengan satu gelas air hingga mendidih. Minum air rebusan kapulaga tersebut selagi masih hangat.

Daun Kayu Putih

Tanaman kayu putih biasanya diambil minyaknya untuk digunakan sebagai minyak telo yang sifatnya menghangatkan. Namun ternyata daun kayu putih juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit batuk. Caranya, rebus 10-15 gram daun kayu putih dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Kemudian airnya diminum sekaligus selagi masih hangat

Cara Mengobati Batuk Kering

Batuk kering adalah batuk yang terjadi  tanpa disertai dahak atau riak dan tanpa sekresi pada saluran napas. Akibatnya, terjadi iritasi pada saluran tenggorokan dan timbul rasa sakit.

Umbi Bidara Upas

Bidara upas merupakan nama salah satu jenis umbi-umbian. Selain enak dimakan, seperti singkong rebus ternyata ubi yang satu ini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit. Salah satunya batuk. Caranya ambil umbi bidara upas sebanyak satu jari saja. Kemudian dipotong-potong tipis, lalu dikunyah dan telan airnya. Sementara ampasnya dibuang.

Jahe Merah

Sudah sejak lama jahe dikenal sebagai rempah berkhasiat mengobati penyakit, termasuk batuk kering. Caranya seperti umbi bidara upas, yaitu dengan dikunyah kemudian airnya ditelan semnatar ampasnya dibuang.

Cara Mengobati Batuk Berdahak

Batuk berdahak disebabkan oleh adanya peradangan pada lapisan lendir saluran pernapasan. Ada batuk berdahak akut karena infeksi disebabkan oleh bakteri atau virus, misalnya tubercolosa, influenza, dan campak. Berikut ini ramuan tradisional untuk menyembuhkannya:

Bahan: Air jahe 2 sendok makan, Air kunyit 2 sendok makan, Perasan air satu buah jeruk nipis, Madu asli satu 1 sendok makan.
Cara pengobatan: Parut jahe dan kunyit lalu campurkan dengan sedikit air dan saring untuk menghasilkan air jahe atau kunyit. Peras 1 buah jeruk nipis dan saring ke dalam gelas, lalu campurkan 2 sendok makan air jahe dan kunyit, serta 1 sendok madu asli. Minum ramuan tersebut setiap hari.

Cara Ampuh Mengatasi Batuk Berdahak dan Batuk Kering Tidak Berdahak

5 Penyebab batuk Berdahak

Sobat tahu gak, ternyata salah satu penyebab batuk berdahak itu disebabkan oleh adanya peradangan atau inflamasi pada pernafasan. Tetapi peradangan pernafasan juga bisa memicu terjadinya batuk kering / tidak berdahak. Batuk berdahak disebabkan oleh adanya permasalahan pada saluran pernafasan bagian atas. Ada 5 hal yang dapat menjadi penyebab batuk berdahak diantaranya yaitu :
  1. Peradangan (Inflamasi) Pernafasan
    Penyebab batuk berdahak yang pertama yaitu karena adanya inflamasi pernafasan yang bisa memicu terjadinya batuk berdahak dan batuk tidak berdahak.

  2. Asap Rokok, Asap kendaraan dan Polusi
    Batuk berdahak juga dapat disebabkan oleh asap rokok, asap kendaraan dan polusi, maka dari itu, jauhkanlah asap dari sekitar tempat tinggal anda. Kalaupun anda ingin keluar rumah, pakailah selalu masker

  3. Infeksi Pada Saluran Pernafasan
    Penyebab selanjutnya yaitu karena adanya infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri jahat atau virus

  4. Flu yang berlebihan
    Flu berlebihan merupakan salah satu penyebab mengapa anda bisaterkena penyakit batuk berdahak. Untuk mengurangi batuk anda, anda bisa menjaga agar tubuh anda tetap hangat.

  5. Meningkatnya asam Lambung
    Meskipun pada kebanyakan kasus jarang terjadi, namun ternyata meningkatnya asam lambung bisa picu terjadinya batuk berdahak yang membandel 

5 Penyebab Batuk Kering tidak Berdahak

Batuk meruakan penyakit yang sering kali kita anggap sepele, namun tahukan anda ternyata batuk juga bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya. Terutama batuk kering, yang bisa menyebabkan tenggorokan berdarah. Anda tidak mau kan ini terjadi pada anda? untuk itu yuk kita cari tahu apa saja sih penyebabnya? berikut penyebab batuk kering tidak berdahak :
  1. Infeksi Pernafasan
    Jika anda menderita infeksi pada saluran pernafasan, biasanya anda akan mengalami batuk kering tak berdahak. Batuk kering bisa berlangsung kurang lebih selama 2 minggu. Namun jika sakit berlanjut, anda harus segera berkonsultasi dengan dokter spesialis dibidangnya.
  2. Meningkatnya asam lambung dan Refluks Asam
    Hal ini bisa terjadi saat anda mengkonsumsi makanan pedas yang bisa menjadi penyebab meningkatnya jumlah asam lambung dalam tubuh. Sehingga asam lambung naik ke tenggorokan.
  3. Penyakit Serius / berbahaya
    Batuk juga dapat disebabkan oleh beberapa jenis penyakit serius seperti radang paru-paru, atau bahkan kanker.
  4. Effek Samping Obat
    Tahukan anda, ternyata beberapa obat juga bisa menimbulkan effek samping yang bisa jadi penyebab batuk kering. Karena sebagian obat sifatnya untuk mengontrol tekanan darah yang bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan terjadinya batuk kering.

  5. Reaksi Alergi
    Salah satu penyebab batuk kering yang karena adanya alergi, yang menyebabkan tenggorokan gatal mata memerah atau iritasi dan menyebabkan batuk kering. Untuk menghentikan batuk karena alergi, anda harus bisa menemukan penyebab alergi terlebih dahulu, agar anda bisa mengobati batuk kering

Tips untuk Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Jika anda terserang penyakit batuk, entah itu batuk berdahak ataupun batuk kering, anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini :
  • Jauhi tempat berdebu dan tempat yang dingin.
  • Jaga agar kondisi tubuh Anda tetap hangat, untuk itu pakailah jaket, syal, selimut atau apapun itu yang bisa membuat anda hangat.
  • Usahakan jika anda mandi, pakailah air hangat
  • Anda terbiasa minum alkohol? atau sudah terbiasa merokok? maka kurangilah atau bahkan hindari, karena dua hal tersebut bisa memperparah batuk anda
  • Jangan bekerja terlalu keras hingga membuat badan anda drop, istirahatlah secara teratur
  • Perbanyaklah minum air putih, minimal 7-8 gelas / harinya.

 

0 komentar:

Poskan Komentar